Minggu, 05 Mei 2019


 PENGERTIAN,FUNGSI DAN CARA KERJA DHCP SERVER


Fungsi DHCP Server
       Fungsi DHCP server adalah mendistribusikan alamat IP ke komputer yang terhubung ke dalam jaringan secara otomatis sehingga mempermudah client dalam mengakses dan juga meringankan tugas dari admin jaringan karena tidak harus mengatur IP address secara static.

Cara Kerja DHCP Server
        Pada saat user menghidupkan komputernya dan menghubungkannya ke server yang menggunakan layanan DHCP, maka komputer tersebut otomatis meminta (request) alamat IP ke server. Kemudian server menjawab permintaan komputer tersebut dan memberikannya sebuah alamat IP.Untuk lebih jelas mengenai cara kerja DHCP, anda bisa menyimak proses-proses yang terjadi pada layanan DHCP sebagai berikut :
  • IP Least Request
Komputer client meminta alamat IP ke server
  • IP Least Offer
DHCP server yang memiliki list alamat IP memberikan penawaran kepada komputer client.
  • IP Lease Selection
Komputer client memilih/ menyeleksi penawaran yang pertama kali diberikan DHCP, kemudian melakukan broadcast dengan mengirim pesan bahwa komputer client menyetujui penawaran tersebut.
  • IP Lease Acknowledge
Pada tahap ini DHCP server menerima pesan tersebut dan mulai mengirim suatu paket acknowledge (DHCPACK) kepada client.Paket tersebut berisi berapa lama komputer client bisa menggunakan alamat IP tersebut (yang diberikan DHCP server) beserta konfigurasi lainnya. Dan komputer client pun dapat terhubung ke jaringan.

       

 NAMA KELOMPOK:
  1. FIFIAN PANGESTIKA
  2. ERNI SASMITA
  3. HILDA YUSTIAN.N.
  4. KURNIA NUR A.Y
  5. NEILI ANISAH RAHMAWATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMBANGUN VOIP DENGAN ASTERIK

ASSALAMUALAIKUM WR.WB         Hai teman2 jumpa lagi dengan saya dalam blog myasj.blogspt.com kali ini saya ingin membagi sedikit pengetahu...